Selasa, 23 Februari 2010

ThinkPad X100e, ThinkPad atau Netbook?

Jakarta - Saat diamati detikINET, secara fisik tampilan ThinkPad X100e sangat mirip dengan sebuah netbook. Apalagi melihat ukuran layar 11,6 inchinya dan bobot fisik sekitar 1kg. Pasti saat pertama melirik, orang akan langsung terkecoh.

"Ini bukan netbook, ini Ultra Low Voltage (ULV) notebook. Dan ini adalah ThinkPad tertipis dan terkecil yang ada saat ini," ujar Azis Wonosari, Business Development & Technical Manager Lenovo Indonesia, pada detikINET, saat peluncuran produk ini.
Benar saja, saat diselami lebih dalam lagi, ternyata ThinkPad X100e memiliki prosesor AMD Athlon Neo, dengan grafis ATI Radeon HD 3200. Lenovo juga membekalinya dengan RAM 2 GB (up to 4 GB dengan 2 slot SODIMM) serta hardisk mulai 250 GB plus modem 3G internal.

Dengan spesifikasi di atas, ThinkPad X100e ini tentunya tak diposisikan sebagai netbook, mengingat ukurannya yang mungil. Lenovo sendiri mengatakan laptop ini tercipta karena tren pasar.

Perusahaan tersebut juga mengakui bahwa kini, pelanggan mereka menginginkan laptop dengan harga terjangkau serta portabilitas ekstrim, namun tanpa mengorbankan performa. Inilah hasilnya.Pertama membuka ThinkPad mungil ini, pandangan detikNET langsung tertuju pada desain keyboard khas ThinkPad. Walau berukuran kecil, namun keyboard full sizenya persis sama seperti seri ThinkPad lain.

Keyboard ThinkPad X100e ini juga dilengkapi dengan spill resistant, yang diklaim mampu menahan cairan ataupun kotoran agar tidak masuk ke bagian dalam laptop.

Saat digunakan untuk mengetik, rasa empuk yang ada di keyboard tetap sama. Apalagi ditambah layar yang bisa rebah hingga 180 derajat. Benar-benar khas ThinkPad.

Secara umum body ThinkPad X100e ini sangat solid. Tidak ada suara aneh pada engsel layar saat dibentangkan penuh. Walau begitu detikINET sedikit khawatir pada saat engsel dibuka tutup, karena bahannya plastik. Seandainya pecah pasti bisa jadi masalah.

Begitu juga dengan balutan cover di sekitar tubuhnya. Bahannya seperti terbuat dari materi plastik yang terkesan kurang berkelas dibandingkan ThinkPad kelas lainnya.

Hal lain yang membuat janggal adalah letak baterai yang sedikit menonjol di bagian belakang. Mungkin karena daya baterai sebesar 6-cellnya yang memang membutuhkan ruang besar.

Untungnya, ThinkPad X100e ini dilengkapi USB power, untuk me-recharge berbagai gadget. Alhasil, ini menjadi solusi yang pas bagi pemilik gadget macam iPhone saat berpergian. Read More>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar