Selasa, 23 Februari 2010

Memory CF Baru Bisa Simpan Foto Hingga Ribuan Terabyte

Jakarta - Spesifikasi terbaru untuk memory Compact Flash (CF), yang biasa digunakan pada kamera digital SLR, telah terbit. Penyimpanan maksimalnya bisa mencapai ratusan ribu terabyte.

Seperti dikutip detikINET dari DPReview, Selasa (23/2/2010), CompactFlash Association telah mengumumkan spesifikasi terbaru CF 5.0. Perubahan besarnya adalah pada kapasitas dan kecepatan transfer data.

CF 5.0 disebutkan memiliki kemampuan 48-bit. Ini lebih besar dibandingkan kemampuan saat ini pada 28-bit.

Tapi apa artinya kemampuan 48-bit itu? Nah, menurut DPReview, ini berarti kemampuan penyimpanan generasi berikutnya dari memori CF ini bisa mencapai 144 Petabyte (kurang lebih, 1 Petabyte = 1000 Terabyte, 1 Terabyte = 1000 Gigabyte).

Tentunya, itu merupakan batas maksimal teoritis saja. Sedangkan prakteknya, entah apakah akan ada produsen memori yang menerapkannya atau tidak.

Nah, soal kecepatan, CF 5.0 ini akan mampu mencapai 32MB per detik. Sedangkan yang ada saat ini hanya 128 KB per detik.

CF 5.0 akan ditujukan terutamanya bagi kamera perekam video. Namun tipe memori ini diperkirakan juga akan tersedia untuk kamera digital SLR High Definition di masa yang akan datang.

Shigeto Kanda, Chairman CF Association, mengatakan kemampuan 48-bit itu akan makin meningkatkan nilai kamera Digital SLR. Selain itu, ujarnya, adanya opsi Video Performance Guarantee akan membantu CF merambah pasar seperti perangkat film dan video professional. Read more>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar