Selasa, 23 Februari 2010

MSI GX633, Kaya Fitur Tapi Agak 'Loyo'


Jakarta - Micro-Star International (MSI) telah menelurkan salah satu notebook gaming berbasis AMD. Tidak hanya menawarkan performa berlebih, produk ini juga memiliki banyak fitur yang diharapkan dapat memuaskan para gamer.

Penampilan dan Fitur

MSI GX633, hadir dengan penampilan yang cukup menarik. Kombinasi bahan aluminium dan logam membuat notebook ini terlihat semakin elegan. Kombinasi warnanya pun terlihat sangat serasi, entah itu untuk bagian luar atau pun pada bagian dalam.

Secara fungsional, papan ketik dalam MSI GX633 memiliki tombol lengkap yang mirip dengan komputer dekstop, baik dari segi ukuran ataupun penambahan sederet tombol numlock.

Hanya saja karena membawa embel-embel gaming, maka khusus untuk tombol WSAD MSI memberikan sentuhan yang sedikit berbeda. Yakni, tampil dengan balutan warna yang sedikit nyentrik.

Beragam tombol yang menuju fitur khusus pun dapat dijumpai dalam notebook ini, sebut saja fitur Turbo yang dibanggakan MSI. Dengan adanya fungsi ini, pengguna dapat lebih meningkatkan kinerja MSI GX633.

Selain Turbo, ada beberapa fitur lain yang dapat diaktifkan melalui tombol khusus yang dimilikinya, yakni sebuah fitur bernama ECO Engine Power Management System. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan beragam modus tertentu.

Layaknya sebuah teknologi dalam LCD terkini, pengguna bakal menjumpai beberapa modus seperti Gaming Mode, Office Mode, dan Movie Mode. Modus mempunyai fungsi untuk menyesuaikan tingkat cahaya sesuai dengan penggunaan.

Bagaimana Performanya?

MSI GX633 dimotori oleh prosesor AMD Turion X2 ZM-82 berkeceparan 2,2Ghz, Memori utama DDR2 2GB, dan kartu grafis Nvidia GeForce GT 130M yang telah mendukung komputasi Compute Unified Device Architecture (CUDA).

Dengan spesikasi tersebut, notebook ini tentunya akan sedikit kewalahan ketika digunakan untuk memainkan game sekelas Resident Evil 5 ataupun Mass Effect 2, tapi tidak untuk game sejenis Dark Void atau Street Fighter IV.

Ketika diuji detikINET dengan aplikasi 3D Mark 2006, dalam kondisi default MSI GX633 mendapatkan skor sebesar 6272. Lalu ketika modus Turbo diaktifkan notebook ini berhasil meraih skor 6480.

Peningkatan yang cukup tinggi memang, lalu seberapa besar pengaruhnya dalam game? detikINET memainkan Resident Evil 5 dalam modus DirectX 10 dengan resolusi 1280 X 720 pixel, hasilnya?

MSI GX633 hanya mendapatkan kisaran 20 Frame per Second (FPS), sedangkan ketika modus Turbo diaktikan tidak terjadi peningkatan yang diharapkan yakni tetap berkutat di 20FPS.

Hal tersebut bisa dimaklumi pasalnya, modus Turbo hanya meningkatkan kinerja prosesor bukan kartu grafis, dan beberapa game terkini memang terbukti membutuhkan kartu grafis yang handal.

Dari hasil pengujian yang didapat, notebook ini sepertinya lebih cocok digunakan untuk menggarap konten multimedia semacam olah video ketimbang memainkan game 'kelas berat'.

Selain performa yang 'loyo' dalam game, baterai berkapasitas 6 cell yang dibenamkan dalam notebook ini, membuatnya hanya sanggup bertahan kurang dari 1,5 jam ketika digunakan untuk bermain game.

Meski demikian MSI GX633 masih layak untuk dijadikan dijadikan salah satu pilihan, selain bentuk dan fiturnya yang menarik, produk ini juga memiliki bobot 2.7 kg. Cukup ringan untuk sebuah notebook gaming.

Terlebih lagi MSI juga memberikan bonus mouse khusus game yang sangat fungsional dengan bentuk yang cukup keren untuk setiap pembelian notebook seharga Rp 7.999.000 ini.

Kelebihan:
+ Bentuknya menawan
+ Bobot ringan
+ Bonus menarik

Kekurangan:
- Performa kurang handal
- Baterai tidak tahan lama ( eno / faw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar